Pengadilan Agama Sorong Kelas II

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SORONG KELAS II 

Kolaborasi Dengan KPKNL, KPA Sorong Menjadi Narasumber Pada FGD Kewarisan dan Lelang Eksekusi

Kota Sorong – Ketua PA Sorong Sapuan, S.H.I., M.H. menjadi narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan atas kerjasama antara PA Sorong dengan KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Sorong pada Rabu (15/2/2023).

FGD yang diselenggarakan di aula KPKNL Sorong tersebut dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring). Dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Sorong, perwakilan perbankan konvensional dan syariah serta Bank Perkreditan Rakyat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala KPKNL Sorong Antonius Arie Wibowo pada pukul 09.00 WIT. Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL didampingi inisiator kegiatan Rushan Nasyrul Haq yang juga sebgai Pelelang Ahli Pertama KPKNL Sorong.

Dalam pemaparan materi, KPA Sorong menyampaikan kompetensi peradilan agama yang cukup luas termasuk di dalamnya sengketa kewarisan, kebendaan dan sengketa ekonomi syariah.

Mantan Waka PA Magelang tersebut juga menekankan kehati-hatian dalam penerbitan Perjanjian Kredit (PK) dan juga APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan). Hal ini sebagai mitigasi risiko terkait kepemilikan harta yang menjadi hak tanggungan. Jika harta tersebut belum dibagi maka ditetapkan dahulu dengan penetapan ahli waris (PAW) yang menjadi kewenangan absolut Pengadilan Agama.

“Peradilan Agama sebagai lembaga yudikatif pelaksana kekuasaan kehakiman di bawah Mahkamah Agung RI. Kekuasaan inilah yang memberikan ruang PA bisa mengeksekusi putusan sendiri. Sehingga secara otomatis pelaksanaan putusan/eksekusi akan melibatkan pihak-pihak lain di antaranya pejabat lelang,” terangnya.

Diskusi dalam FGD tersebut juga hidup dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dan sharing informasi kasus yang ditemukan baik di dunia perbankan maupun pelaksanaan lelang.

Acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan yang diberikan oleh Kepala KPKNL kepada Ketua PA Sorong dan foto bersama dengan seluruh peserta FGD. (Spn)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

weather app mood fun play

Sign up to stay  informed lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.