Pengadilan Agama Sorong Kelas II

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SORONG KELAS II 

Launching Aplikasi SITEMPA dan Access CCTV Online (ACO) oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia

Minggu | 13 Maret 2022

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 1352/DjA/HM.00/03/2022, Tanggal 11 Maret 2022, seluruh aparatur pengadilan agama di seluruh wilayah Indonesia diharapkan agar hadir dan mengikuti serta menyaksikan kegiatan acara Peluncuran Aplikasi SITEMPA dan Access CCTV Online (ACO), Pemberian Penghargaan kepada Satker Berprestasi dan Pembinaan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Kegiatan Acara yang dimulai sekiranya pukul 22.00 WIT tersebut diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Sorong, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sorong, serta Hakim secara daring dari Ruang Aula Pengadilan Agama Sorong, dan diikuti oleh jajaran pimpinan Mahkamah Agung, Badan Peradilan Agama, dan aparatur seluruh pengadilan agama di seluruh wilayah Indonesia yang hadir baik secara langsung di tempat acara maupun secara daring.

Dalam acara yang sama, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mendapatkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Lembaga Yudikatif dengan koneksi CCTV Control secara daring dalam jumlah terbanyak (4000 cctv secara realtime). Aplikasi Access CCTV Online (A.C.O.) ini merupakan pengembangan yang semula dari 4 titik menjadi 9 titik CCTV. Aplikasi ini memiliki tujuan sebagai transparasi, pengawasan, monitoring kinerja, standar mutu pelayanan, kedisiplinan, pelaksanaan tugas seluruh satuan kerja, dan pengawasan terhadap prktik pungli di lingkungan peradilan agama. 9 (sembilan) titik CCTV tersebut diantaranya: Ruang PTSP, Ruang Tunggu Sidang, Halaman Apel, Ruang Hakim, Ruang Kepaniteraan, Ruang Kesekretariatan, Ruang Tamu Terbuka, Kantin/Mushalla/ Parkir .

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., yang memimpin acara untuk melakukan peluncuran aplikasi ACO dan SITEMPA, dan beliau pula berkesempatan untuk melihat aplikasi Access CCTV Online ke beberapa Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama baik dari Wilayah Indonesia Barat sampai dengan Wilayah Indonesia Timur yang dipilih oleh beliau, yang semua hasil pantauan CCTV-nya terpantau dengan baik tanpa kendala.

Acara tersebut pula dirangkaikan dengan Penyerahan Penghargaan kepada satker-satker yang meraih prestasi baik dalam Kategori Penghargaan Prestasi dari Kemenpan RB, Penilaian Kinerja Triwulan Terbaik, sampai dengan Penilaian SIPP Terbaik.

Dalam pembinaannya, Ketua Mahkamah Agung RI, YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa aplikasi-aplikasi yang sudah diluncurkan oleh BADILAG harus dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan aplikasi ACO ini merupakan sarana untuk melaksanakan pengawasan secara real-time, namun tetap harus dipantau terus, karena tidak ada gunanya apabila hanya sekali-kali dipakai. Beliau juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BADILAG dan Pengadilan Agama di Seluruh Wilayah Indonesia yang sudah meraih banyak penghargaan secara internal maupun eksternal, terutama beberapa satker yang mendapat penghargaan dari Kemenpan RB dengan meraih Predikat WBK dan WBBM serta satker yang mendapat penghargaan karena telah memberikan pelayanan terbaik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.