PELAKSANAAN SIDANG KELILING OLEH PENGADILAN AGAMA SORONG DI DISTRIK MISOOL BARAT

PELAKSANAAN SIDANG KELILING OLEH PENGADILAN AGAMA SORONG DI DISTRIK MISOOL BARAT

Misool | www.pa-sorong.go.id

Pengadilan Agama Sorong melaksanakan sidang di luar gedung pengadilan triwulan pertama pada tahun 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Sorong untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta mengimplementasikan asas peradilan yaitu : asas sederhana, cepat dan biaya ringan.

Sidang di luar gedung pengadilan (sidkel) dilaksanakan di Balai Kampung Lilinta, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat sejak tanggal 25 Maret 2020 sampai dengan tanggal 27 Maret 2020.

Pembukaan pelaksaan sidang keliling diawali dengan sambutan Kepala Kampung Lilinta, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, kemudian di ikuti juga sambutan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, dan juga penjelasan oleh Ketua Pengadilan Agama Sorong, H. Mohammad Aghfar Musyaddad, S.H., tentang pentingnya memiliki Dokumen Nikah (Buku Nikah) dalam setiap pernikahan.

Tim Pelaksanaan sidang keliling yang dilaksanakan di Balai Kampung Lilinta, Distrik Misool Barat, Kabuaten Raja Ampat, terdiri dari H. Mohammad Aghfar Musyaddad, S.H., Harisan Upuolat, S.H.I., M.H., Sapuan, S.H.I., M.H., Baida Makasar, S.Ag., Hj. Zubaidah Hi. Hamzah, S.H., dan Akram, S.H., M.H., serta dibantu tenaga administrasi, yaitu : Imam Nawawi, S.H., Imam Zulkarnaen Tamher dan Said Salasa.

Perkara sidang diluar gedung ini adalah perkara Voluntair, yaitu Permohonan Isbat Nikah/ Pengesahan Perkawinan. Persidangan diluar gedung ini mencakup 4 (tiga) Kampung, Yaitu : Kampung Lilinta, Kampung Yellu, Kampung Dabatan dan Kampung Fafanlap. Persidangan diluar gedung Pengadilan Agama Sorong terdiri dari 75 perkara Permohonan.

Pelaksanaan dan tata cara Sidang di Luar Gedung (Sidang Keliling) persis seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama Sorong, sidang dimulai jam 09.00 WIT dan para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang di luar gedung, bahwa pelaksanaan sidang di luar gedung ini sangat membantu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang luar gedung jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Sorong. (Awi/Tim Redaktur)

Balai Kampung
Tim Sidkel Pengadilan Agama Sorong, Kepala Kampung Lilinta, Kepala KUA Distrik Misool Timur dan para pencari keadilan
Click Here
Balai Kampung
Tim Sidkel Pengadilan Agama Sorong, Kepala Kampung Lilinta dan Kepala KUA Distrik Misool Timur
Click Here
Balai Kampung
Tenaga Administrasi mengecek kelengkapan administrasi perkara
Click Here
Balai Kampung
Para pencari keadilan menunggu antrian panggilan untuk sidang
Click Here
Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

weather

Sign up to stay  informed lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.